Penyusunan Soal UN 2010 Libatkan Guru Ahli, Dosen, dan Peneliti

Departemen Pendidikan Nasional terus mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional yang akan digelar mulai Maret 2010 mendatang. Salah satu persiapan itu adalah penyusunan soal-soal ujian nasional di masing-masing jenjang mulai dari sekolah menengah atas dan sederajatnya hingga sekolah dasar dan sederajatnya.

“Soal ujian nasional akan mulai disusun awal Januari,” kata Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan Mungin Eddy Wibowo kepada Tempo, Jum’at (11/12).

Penyusunan soal ujian nasional akan dilakukan selama satu bulan. Diharapkan pada akhir Januari naskah soal ujian sudah tersusun dalam copy master dan siap digandakan.
Ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat akan digelar pada 22 hingga 26 Maret 2010.

Guru Besar Universitas Negeri Semarang ini menyatakan dalam membuat soal ujian nanti akan melibatkan berbagai kalangan, seperti guru ahli, dosen ahli materi, ahli peneliti dan lain-lain. Masing-masing mata pelajaran akan disusun para pakar tersebut dengan jumlah masing-masing dua orang.

Hasil soal ujian nasional itu akan divalidasi oleh BNSP dan para praktisi dan pakar yang lainnya. Selanjutnya, soal ujian tersebut juga akan diuji cobakan sebelum difinalisasi. “Validasi dan uji coba untuk menilai sejauhmana realibilitas dan mutu soal tersebut,” katanya.

Setelah soal ujian selesai dibuat maka langkah selanjutnya mendistribusikan master copy ke Dinas Pendidikan di masing-masing provinsi. “Selanjutnya, satu bulan sebelum pelaksanaan ujian nasional soal ujian sudah harus dicetak,” kata Mungin.

Mungin mengklaim hingga kini tidak ada hambatan yang berarti terkait pelaksanaan ujian nasional. Meski Mahkamah Agung menolak kasasi perkara ujian nasional yang diajukan pemerintah, Departemen Pendidikan Nasional tetap mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional 2010. Payung hukum pelaksanaan ujian nasional juga sudah diterbitkan, yakni Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009 untuk ujian nasional tingkat SMA dan SMP dan Permendiknas Nomor 74/2009 untuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk sekolah dasar.

Guna mematangkan persiapan pelaksanaan ujian nasional, Departemen Pendidikan Nasional akan menggelar rapat koordinasi tingkat nasional pada Selasa (15/12) di Jakarta. “Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional dan dihadiri para kepala dinas pendidikan tingkat provinsi dan Majelis Rektor,” kata Mungin.

Artikel Terkait

Tags: ,

Posted in Soal Ujian Nasional, UN 2010

One Response to “Penyusunan Soal UN 2010 Libatkan Guru Ahli, Dosen, dan Peneliti”




Leave a Reply