Jangan Curang Pengawasan UN SMP Bisa Lebih Ketat

Pembahasan Latihan Soal UN 2011
Download Latihan soal UN 2011 plus pembahasan dibuat oleh para pengajar handal
ujiannasional.web.id

Gratis Bank Soal Matematika
Koleksi Lengkap Soal UN, SNMPTN, UMB, Simak UI, UM Undip, SMBB Telkom, UM Undip, UM UPI
Kursus Matematika

Koleksi Soal-soal UN
Blog Koleksi Soal UN Lengkap dan Gratis
soal-un.blogspot.com

Kolom Panduan
Memandu Anda dalam Karier dan Ngeblog
kolompanduan.blogspot.com



Materi UN Sesuai Kisi-kisi
Penjelasan Materi UN 2011 sesuai kisi-kisi dilengkapi latihan Soal dan Pembahasannya
ujian-nasional.com

Bank Soal
Bank Soal Matematika UN dan Seleksi PTN Lengkap
ujian-nasional.org

un-smp3Dinas Pendidikan DKI Jakarta berjanji meningkatkan pengawasan pada pelaksanaan ujian nasional (Unas) di wilayah DKI Jakarta. Ini menyikapi maraknya isu kebocoran soal Unas di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pada pelaksanaan Unas jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini pengawasannya diupayakan lebih maksimal dibandingkan dengan Unas jenjang SMA yang telah berlangsung pada 18-21 April 2011 lalu.

“Prinsipnya waktu Unas SMA sudah berjalan maksimal dan Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik. Sekarang kita ingin meminta lebih tegas lagi kepada panitia dan pengawas untuk lebih ditingakatkan lagi pengawasannya,” Taufik ketika ditemui di Percetakan Soal Unas Balai Pustaka, Jakarta, Minggu (24/4).

Pengetatan pengawasan antara lain dengan cara, ketika soal sudah sampai di lokasi (rayon), panitia diminta segera menyampaikan informasi dan mengirim SMS. Ini dianggap penting agar bisa diketahui berapa lama waktu perjalanan dari Balai Pustaka sampai di rayon. “Kemudian nanti didistribusikan kepada masing-masing per sekolah, jam brapa? Masuk ke dalam ruang proteksi jam berapa? Detailnya waktu akhirnya diketahui,” ujar Taufik.

Taufik mengungkapkan, pada saat distribusi soal Unas SMA beberapa waktu lalu ada yang terlambat, namun hanya dalam hitungan 1-2 jam saja. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena memang waktu pengiriman soal Unas dari percetakan Balai Pustaka juga sedikit terlambat. “Sebenarnya tidak ngaret sih, tapi ada soal yang terlambat satu jam sampai di rayon, karena memang pengirimannya juga kesiangan. Jadi dengan adanya informasi ketepatan waktu ini, kita bisa berikan data dan pengawasan juga untuk menjaga jangan sampai kalau terlalu lama mengantisipasinya. Misalnya, kalau ada kecelakaan dan ban pecah bisa langsung diinformasikan,” jelasnya.

Disebutkan, di dalam proses distribusi soal Unas SMP khusus wilayah DKI Jakarta ini, Diknas DKI Jakarta harus menggunakan sebanyak 75 unit armada mobil PT Pos Indonesia yang akan menyebarkan soal ke 22 subrayon dari 6 rayon, termasuk di wilayah Kepulauan Seribu.

Selain itu, untuk jumlah peserta Unas SMP DKI Jakarta ada sebanyak 135.196 peserta. Angka tersebut terdiri dari siswa SMP negeri sebanyak 119.736 peserta, siswa Madrasah Tsanawiyahnya 15.237 peserta dan siswa SMP luar biasa sebanyak 223 orang. “Mengenai angka siswa yang tidak mengikuti Unas baik untuk jenjang SMA dan SMP, kami belum dapat menyebutkan. Nanti kalau sudah selesai Unas, baru akan dapat diketahui kejelasan angkanya. Kemarin memang ada informasi tentang itu, tapi nanti kita informasikan lagi,” tukasnya.



Bank Soal UN Gratis
Download Soal UN SMA, SMP, SD, SMK, UN Paket
soal-un.blogspot.com

5-6 Paket Latihan Soal UN 2011
Pelajari 5-6 Paket Latihan Soal UN 2011 dilengkapi Pembahasannya
pmdk.blogspot.com

Koleksi Belajar Bahasa Inggris
Download Latihan Soal Bahasa Inggris UN dan Seleksi PTN
English Courses

Situs Ujian Nasional 2011
Download Latihan soal dari Situs Ujian Nasional 2011
Ujian Nasional

Belajar Matematika
Koleksi Latihan Matematika UN dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
Kursus Matematika

Materi UN Sesuai Kisi-kisi
Penjelasan Materi UN 2011 sesuai kisi-kisi dilengkapi latihan Soal dan Pembahasannya
ujian-nasional.com

Mengenai isu kebocoran soal Unas, pihaknyaberharap agar dapat segera diketahui pelakunya jika dugaan kebocoran soal Unas itu benar terjadi. “Mudah-mudahan kejadian ini semakin membuat kami mawas diri dan semakin meningkatkan pengawasan. Bahkan, kami juga hingga saat ini tidak tahu siapa yang diduga itu,” imbuhnya.

Dijelaskan, sebenarnya banyak personil yang sudah bekerja dengan jujur dan sekuat tenaga, tetapi harus dinodai dengan isu tingkah seseorang pengawas yang melakukan kecurangan. “Dari panitia, mungkin lebih marah, karena mereka sudah bekerja dengan benar,” ucapnya. Oleh karena itu, jika ketahuan pelakunya, dia berjanji akan menindak tegas.

Terpisah, Ketua SubRayon 13 SMP 92 Jakarta, Adang Sudradjat menambahkan, persiapan menjelang pelaksanaan Unas SMP saat ini akan lebih ditingkatkan pengawasannya dan berlapis. “Dari mulai penjaga internal, kami juga mengadakan piket jaga setiap malam yang wajib diikuti oleh tim pengawas dan pihak kepolisian. Tiap malam yang menginap di Sub Rayon 13 ini ada 2 orang Kepala Sekolah, seluruh panitia yang lain dan kepolisian,” paparnya.

Disinggung mengenai pemegang kunci ruangan penyimpanan soal atau ruang isolaso soal Unas, Adang yang juga Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Jakarta ini mengatakan, kunci ruangan isolasi di subrayon 13 (SMP 92 Jakarta) itu dipegangnya. “Kunci yang memegang adalah saya. Nanti kan disegel. Setelah dari ruangan penyimpanan sementara akan dimasukkan ke ruang isolasi yang kemudian dikunci dan disegel. Kalau saya membuka, harus dikunci dan disegel lagi,” ujarnya

Artikel Terkait

Tags:

Posted in UN 2011



Leave a Reply