Topik | UN, UN 2011

Tidak Lulus UN 2011 Inilah Solusinya

Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun ini nampaknya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Banyaknya perubahan yang dilakukan oleh pemerintah kabarnya untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam pelaksanaan UN.

Untuk meningkatkan kredibilitas UN, tahun ini pemerintah mengantisipasi kecurangan-kecurangan melalui pembagian lima tipe paket soal bagi masing-masing peserta UN di tiap ruangan, yakni paket A, B, C, D dan E. Tentu hal ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pembagian paket soal tahun sebelumnya hanya ada dua tipe, yaitu paket A dan B. Dari dua puluh peserta ujian dalam satu ruangan hanya akan ada empat peserta ujian yang mengerjakan soal yang sama tipe paketnya. Apabila Anda tidak lulus UN 2011 (mudah-mudahan ini tidak terjadi pada Anda), maka inilah solusi terbaik yang bisa anda ambil.

Apabila anda tidak lulus UN 2011, anda tidak usah kecewa berkepanjangan. Kami akan menyarankan Anda untuk mengikuti program yang terbaik.
Kalau seorang siswa tidak lulus UN 2011, ia bisa menempuh sekitar 2 (dua) jalan :

Pertama, siswa mengulang pembelajaran 1 (satu) tahun lagi dan mengikuti UN tahun berikutnya. Cara ini bisa ditempuh akan tetapi memakan waktu yang relatif lama.

Kedua, Siswa mengikuti program Paket (Kesetaraan), baik Paket A, B, atau C. Kami menyarankan jalan yang ini dengan alasan bahwa UN Paket diselenggarakan sekitar 2 (dua) kali dalam satu tahun, jadwalnya sekitar bulan Juli dan bulan November setiap tahunnya. Program Paket (A, B, atau C) dinamakan juga dengan Kelompok Belajar (Kejar) Paket tiada lain merupakan suatu pendidikan nonformal yang difasilitasi pemerintah untuk siswa yang kegiatan belajar mengajarnya tidak harus di sekolah. Untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan yang sederajat namanya Kejar Paket A, jenjang sekolah menengah pertama (SMP) disebut Kejar Paket B, dan Kejar Paket C untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA).

Setiap peserta ujian kesetaraan Kejar Paket A, B, atau C akan memperoleh sertifikat yang setara dengan ijazah tingkat satuan pendidikan tertentu. Jadi Anda yang tidak lulus jangan khawatir, tempuhlan ini dan jangan berharap UN Ulangan karena tahun ini tidak diadakan, yang ada hanya UN susulan bagi mereka yang memenuhi pesyaratan.

Kami juga sekedar mengurangi beban persiapan Anda memberikan Latihan LEngkap UN Paket yang bisa Anda download dan Anda simpan di komputer Anda atau Anda print out untuk didiskusikan. Kebetulan sebagai acuan kami juga menyertakan pembahaan lengkapnya. Semuanya gratis, semuanya demi kesuksesan Anda.

Tentang Status Tes CPNS Paket C yang patut Anda ketahui

Menurut Kemdiknas setiap orang yang lulus UNPK Paket A, B atau C memiliki hak eligibilitas yang sama dan setara dengan pemegang ijasah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Dengan demikian, mereka akan lebih diakui dalam pendidikan selanjutnya.

Tegasnya status kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas atau hak memperoleh hasil dan kesempatan belajar yang sama atau setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Karena itu, setiap lembaga diminta untuk mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas.

Catatan :

Penentuan kelulusan siswa menggunakan penghitungan nilai gabungan dari nilai ujian sekolah dengan nilai UN. Proporsi yang ditetapkan pemerintah ialah 60 persen untuk UN dan 40 persen untuk nilai ujian sekolah.

Disusun oleh Drs. Asep Dewan, S.H. : Copyright@2011 www. ujiannasional.org (Apabila Anda mau mengcopy artikel ini hendaknya mencantumkan links lengkapnya, Terima kasih!)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Advert

Stats