Topik | Soal UN, UN

Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI

Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI

Penyelenggaraan Ujian Sekolah ( US ) SD/MI, baru dijalankan pertama kali tahun ini atau ajaran 2013/2014 yang lalu. Ujian ini menggantikan penyelenggaraan Ujian Nasional (Unas) SD/MI. Pelaksanaan US SD/MI ini diserahkan ke pemerintah daerah (Pemda). Kemendikbud hanya mengeluarkan rambu-rambu ujian. Selain itu juga kisi-kisi ujian dan sejumlah butir soal berstandar nasional.

Kelulusan siswa Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah tahun ajaran 2014/2015 akan ditentukan melalui Ujian Sekolah bukan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional seperti tahun lalu (tahun ajaran 2012/2013).

Untuk semua siswa SD/MI yang ikut ujian sekolah nasibnya akan ditentukan sepenuhnya pihak dewan guru melalui penilaian ujian sekolah.

Dalam surat edaran bersama dari Pemerintah (Pusat), pemprov diminta melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam penyusunan dan penetapan 75 persen paket soal sesuai dengan kisi-kisi.

Berikut kumpulan soal Ujian Sekolah (US) SD/MI yang udah bisa di download melalui panduan di bawah ini :

soal Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2013

  1. Bahasa Indonesia | Silakan pelajari dan unduh disini
  2. Matematika | Silakan pelajari dan unduh disini
  3. IPA (Sains) | Silakan pelajari dan unduh disini

Kumpulan soal Ujian Sekolah (US) SD/MI tersebut sudah meliputi 3 (tiga) mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Sains).

Dalam Ujian Sekolah siswa SD sebanyak 75 persen paket soal, akan dirakit dan disiapkan provinsi bersama tim guru dari kabupaten/kota.

Sedang 25 persen paket soal sisanya disiapkan dari pusat, dengan demikian porsi pembuatan soal ujian sekolah lebih besar diberikan kepada Kabupaten/Kota.

Berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Mendikbud dan Mendagri itu juga menunjuk pemprov untuk melaksanakan penggandaan soal, bahan ujian, blangko surat keterangan hasil ujian sekolah (SKHUS) dan blangko ijazah, serta pendistribusiannya ke kabupaten kota.

Demikian pula untuk pencetakan dan pendistribusian daftar kolektif hasil ujian sekolah (DKHUS), SKHUS, dan blangko ijazah ke satuan pendidikan penyelenggara.

Pemerintah pusat melalui Mendikbud Prof. DR. H. Mohammad Nuh, DEA dan Mendagri Gamawan Fauzi mengeluarkan surat edaran bersama tentang anggaran Ujian Sekolah Dasar 2014 terkait kebijakan ujian untuk jenjang sekolah dasar (SD) yang tidak lagi menjadi ujian nasional (UN).

Semoga kumpulan soal Ujian Sekolah (US) SD/MI yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi ujian sekolah tahun 2015. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Advert

Stats