Topik | UN, UN 2015

Soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs

Soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs

Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) SMP/MTs tahun ajaran 2014/2015, akan berdasarkan pada Kisi-kisi dan Prosedur Operasional Standar (POS) UN tahun ajaran 2014/2015 yang biasanya sesegara mungkin Pemerintah akan mempublikasikannya. Ujian Nasional (UN) SMP/MTs tahun ajaran 2014/2015 diselenggarakan oleh Pemerintah dengan tujuan untuk mengevaluasi hasil pendidikan secara nasional di tingkat SMP/MTs di Indonesia dan sekolah-sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Ppemerintah merencanakan bahwa mulai tahun 2015, ujian nasional (UN) SMP/MTs akan diujicobakan secara online atau daring. UN online atau daring ini akan menghemat anggaran dan lebih efisien.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam Zaman mengatakan, UN online tahun depan akan diuji coba pada beberapa provinsi. Seperti DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sulawesi Utara (Sulut) dan Jawa Timur (Jatim). Kelima provinsi ini akan melaksanakan UN online karena sudah menerima tawaran pemakaian sistem online dari Kemdikbud sebelumnya.

Kemdikbud akan terus menawarkan ke provinsi lain yang ingin memakai sistem ini, demikian seperti dikatakan Nizam Zaman di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Minggu 15 Juni 2014.

Nizam menjelaskan, Kemdikbud berani menawarkan UN online ini karena suksesnya penerapan di luar negeri. Seperti Sekolah Indonesia Luar Negeri di Malaysia dan Singapura yang kemarin menjalani ujicoba.

Menurutnya, tidak ada masalah teknis ketika uji coba dilakukan di kedua negara tersebut bahkan, nilai peserta UN online di kedua negara tetangga pun bagus dan siswanya 100 persen lulus semua.

Berikut kumpulan soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs yang sudah bisa di download melalui panduan di bawah ini :

soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun 2013

  1. Bahasa Indonesia | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,
  2. Matematika | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,
  3. Bahasa Inggris | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,
  4. IPA (Sains) | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,

soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun 2014

  1. Bahasa Indonesia | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,
  2. Matematika | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,
  3. Bahasa Inggris | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,
  4. IPA (Sains) | Silakan pelajari dan unduh Paket 1, Paket 2,

Kumpulan soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs tersebut sudah meliputi 4 (empat) mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA (Sains).

Latar belakang kenapa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengubah pola ujian nasional (UN) pada 2015, karena saat itu semua jenjang pendidikan sudah menerapkan Kurikulum 2013. Kemdikbud menjelaskan UN sebagai standard evaluasi akan tetap ada. Hal itu merujuk pada standar evaluasi yang selalu ada pada semua jenis kurikulum pendidikan dan UN juga merupakan amanat UU Sisdiknas yang dapat menjadi ukuran untuk pembanding standar pendidikan dengan negara lain.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengaku belum bisa merinci bentuk perubahan pola UN itu. Tapi yang jelas, UN saat ini dipakai pemerintah untuk empat fungsi, yakni pemetaan, syarat kelulusan, syarat melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, dan intervensi kebijakan. Pemetaan dan intervensi kebijakan itu bisa dilakukan kalau ada UN.

Misalnya, ada SMA di Bandung dengan hanya lima siswa yang semuanya tidak lulus UN, lalu Kemdikbud melakukan intervensi dengan kebijakan merger. Atau, SMA di Papua yang jeblok pada mata pelajaran Bahasa Inggris, ternyata sekolah itu tidak memiliki guru Bahasa Inggris dan pengajar Bahasa Inggris justru guru bidang studi lain, lalu kami beri guru Bahasa Inggris.

Sementara itu, mantan Kepala Puspendik Balitbang Kemdikbud Hari Setiadi pernah menyatakan Kemdikbud sejak tahun 2011 sebenarnya sudah menggabungkan nilai ujian sekolah (US) dengan UN. US berfungsi sebagai evaluasi internal dan UN sebagai evaluasi eksternal. Peran dari nilai US, menurut Hari Setiadi, mencapai 40 persen, sedangkan UN mencapai 60 persen, sehingga kalau banyak siswa yang lulus UN karena ada faktor US itu. Nanti, pihaknya akan memberikan kisi-kisi US agar kualitas US semakin baik.

Semoga kumpulan soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi Ujian Nasional tahun 2015. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait

2 Responses to “Soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs”

  1. malik says:

    terima kasih atas soalnya

  2. rachmat hidayat says:

    thank’s for you

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Advert

Stats