Topik | UN, UN 2018

Prediksi Soal UN SMP/MTS Tahun 2018

Prediksi Soal UN SMP/MTS Tahun 2018

Kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dan SMPLB tahun 2017 terbilang bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Indeks integritas ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs pada 2018 mengalami peningkatan. Kepala Puspendik Kemendikbud Nizam, mengatakan, sekolah yang tahun lalu memiliki IIUN rendah tetapi tahun ini berhasil meningkatkan integritas ujiannya secara signifikan mengalami koreksi capaian nilai UN yang besar. Keberhasilan sekolah-sekolah ini meningkatkan integritas dalam ujian patut diapresiasi dan terus dipertahankan. Data tersebut menunjukkan bahwa UNBK merupakan moda pengadministrasian tes yang lebih menjamin integritas pelaksanaan dan memberi gambaran capaian yang lebih handal.

Sekolah yang secara konsisten memanfaatkan hasil UN murni untuk melakukan perbaikan menunjukan peningkatan capaian yang terukur, hasil ujian nasional diharapkan mampu menjadi dasar perencanaan dan intervensi yang tepat untuk menata langkah perbaikan. Dengan pemanfaatan hasil penilaian untuk melakukan perbaikan pembelajaran diharapkan peningkatan mutu secara berkelanjutan dapat tercapai.

Berdasarkan data dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Indeks Integritas UN (IIUN) meningkat pada SMP/MTs yang sudah menerapkan UNBK maupun yang masih menggunakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Secara nasional, IIUN meningkat signifikan sebesar 8,31 poin. Akibatnya banyak capaian nilai yang terkoreksi sehingga rata-rata UN turun 4,36 poin. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan, turunnya nilai UN tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan, karena intinya adalah menerapkan nilai-nilai kejujuran kepada siswa dalam pembelajaran. “Nilai tinggi tidak berarti apa-apa jika didapatkan dengan cara kecurangan,” ujarnya saat jumpa pers di Kantor Kemendikbud.

Team ujiannasional.org dalam rangka membantu para siswa/siswi meluncurkan suatu Prediksi Soal UN SMP Tahun 2018 disamping latihan soal per mata pelajaran yang sudah kami sampaikan.

Berikut Prediksi Soal UN SMP Tahun 2018, yang sudah bisa diunduh :

  1. Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2018 | Silakan unduh disini
  2. Pembahasan Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2018 | Silakan unduh disini

Catatan Penting : Untuk membuka file Prediksi Soal UN SMP/MTs Tahun 2018 gunakan password unsmp.com sebagai apresiasi buat team unsmp.com yang memberikan Latihan Soal.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Totok Suprayitno (kepala Balitbang) mengapresiasi Panitia UN Tingkat Pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, serta semua pihak yang terlibat, atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan UN. Totok menjelaskan UN tahun ini telah sukses dilaksanakan dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Beliau pun berharap tahun depan akan semakin banyak siswa-siswi yang dapat menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Caranya bukan dengan mengadakan komputer tambahan. Tetapi dengan memanfaatkan sekolah lintas jenjang pendidikan yang sudah memiliki fasilitas untuk pelaksanaan UNBK. “Jadi kita tidak melihat SMA, SMK, ataupun SMP. Tapi itu adalah tempat penyelenggaraan ujian berbasis komputer. Sehingga nanti setiap tempat penyelenggaraan ujian tersebut akan menyelenggarakan ujian nasional, katakanlah sepuluh hari bagi SMA dan SMK” kata Totok menjelaskan.

Senada dengan Totok, Inspektur Jenderal Kemendibud, Daryanto pun juga berterima kasih kepada kepala Dinas pendidikan yang telah sukses menjalankan UNBK. “Indikator kesuksesan tersebut adalah adanya apresiasi terhadap pelaksanaan UN dari berbagai pihak termasuk Komisi X DPR RI,” ujarnya. Daryanto berharap UN tahun depan dapat dilaksanakan lebih baik lagi. Ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan UNBK dari sisi pengawasan jauh lebih mudah dan lebih cepat dalam mengonfirmasi hasilnya. Karenanya, ia sepakat dengan Totok tentang pelaksanaan UNBK tahun depan dengan saling memanfaatkan fasilitas yang sudah ada.

Semoga Prediksi Soall Ujian Nasional SMP/MTs Tahun pelajaran 2017/2018 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa/siswi SMP/MTs sederajat dalam menghadapi ujian nasional tahun 2018 di Tanah Air kita tercinta, Indonesia Raya termasuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) untuk tingkat SMP/MTS tahun pelarajan 2017/2018. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

- kemdikbud.go.id
- unsmp.com

Artikel Terkait

2 Responses to “Prediksi Soal UN SMP/MTS Tahun 2018”

  1. zesika oktaviani zezo says:

    Smoga ujian thun ini soal nya mdah2 dan sluruh siswa dpt pada lulus smua

  2. wina says:

    terimakasih membantu banget, ijin download :)

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Advert

Stats