Topik | Latihan Soal, Sbmptn

Prediksi Soal Sbmptn Tahun 2018

Prediksi Soal Sbmptn Tahun 2018

Seleksi Sbmptn tahun akademik 2017/2018 telah selesai digelar bahkan sudah diumumkan, baik secara online melalui situs resminya maupun secara offline melalui koran dan majalah.

Pemerintah Tentunya berencana akan menggelar lagi kegiatan seleksi tersebut secara rutin yaitu penyelenggaraan kembali Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2018 nanti. Pihak Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 tampaknya masih bakal ditanggung pemerintah.

Hasil seleksi ini menegaskan, nilai tinggi ujian nasional sekolah menengah atas tak menjamin hasil yang sama akan didapat di SBMPTN. Sorotan pertama tertuju ke wilayah Jawa Barat. Peserta seleksi dari provinsi ini terpantau mendapatkan nilai melebihi peserta dari Jawa Timur. Menurut hemat kami bahwa peserta dari wilayah kami ini lebih rajin dan lebih banyak berlatih soal-soal Sbmptn sehingga mereka lebih mampu bersaing dengan peserta lain dari wilayah mana pun.

Kami mengharapkan bahwa latihan Soal Sbmptn tahun 2018 ini dapat dipergunakan untuk membekali Anda / para calon peserta seleksi Sbmptn 2018, karena selain latihan soal dibuat oleh tim kami yang berpengalaman, keduanya tipe soal dan tingkat kesukaran soal berusaha disesuaikan dengan kondisi ujian Sbmptn. Para siswa diharapkan dapat mempersiapkan Sbmptn seoptimal mungkin mengingat begitu tinggi minat peserta seleksi Sbmptn 2016 yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir telah meninjau ujian keterampilan/praktik SBMPTN 2017 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Makasar (UNM) pada hari Rabu, tanggal 17 Mei 2017. Beliau sempat bercengkerama dengan para peserta yang sedang antre untuk ujian. Dan memberikan sedikit nasehat untuk para peserta ujian praktik.

“Semoga dapat diterima di UNM ya, ingat keterampilan juga amat dibutuhkan oleh kita semua, ingat0 keterampilan itu penting,” ujarnya.

Nasir mengatakan itulah pentingnya ujian SBMPTN yang memilih prodi bidang keterampilan, praktik diperlukan. Untuk memenangkan kompetisi di era global, menurut Nasir tak hanya jiwa, tapi raga juga harus kuat. Apalagi menurut Nasir misalnya lulusan dari UNM nantinya diharapkan akan menjadi pendidik yang baik, sehingga jiwa raga harus sehat.

Di UNM Menteri Nasir juga melihat ujian keterampilan di bidang kesenian. Didapatkan oleh Nasir ada peserta penyandang disabilitas yang sedang mengikuti ujian dan didampingi serta dibantu oleh pengawas.

Berikut Prediksi/Latihan soal — Tahun 2018 sudah bisa di download melalui panduan di bawah ini :

  1. Latihan Soal untuk kelompok ujian Saintek, Download Soal | Download Pembahasan
  2. Latihan Soal untuk kelompok ujian Soshum, Download Soal | Download Pembahasan
  3. Latihan Soal untuk kelompok ujian Campuran, | Download Pembahasan Download Soal

Catatan :

Password untuk membuka file adalah : ujiantulis.com

Prediksi / Latihan soal Seleksi Sbmptn Tahun 2018 tersebut sudah meliputi 3 (tiga) kelompok ujian yaitu ujian Kelompok Saintek, ujian Kelompok Soshum, dan ujian Kelompok Campuran.

Penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 akan diumumkan pada hari Selasa, 13 Juni 2017 mulai pukul 14.00 WIB. “ Sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen dari 797.738 pendaftar SBMPTN 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru di 85 PTN,” ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada Jumpa Pers di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta pada tanggal 12 Juni 2017
.
Pengumuman penetapan hasil SBMPTN 2017 disampaikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir bersama Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017 Ravik Karsidi, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Herry Suhardiyanto dan Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN SBMPTN 2017 Joni Hermana.

Menristekdikti mengatakan bahwa SBMPTN merupakan tahap kedua dari proses penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, setelah sebelumnya telah dilakukan tahap pertama melalui SNMPTN. Tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta SBMPTN dan jumlah peserta yang diterima di PTN. Total pendaftar SBMPTN 2017 adalah 797.738, lebih tinggi dari tahun 2016 sebanyak 721.326 pendaftar. “Peserta Bidikmisi yang ikut SBMPTN tahun 2017 juga meningkat, tahun lalu sebanyak 124.398 peserta sedangkan tahun ini ada 158.157. peserta Bidikmisi yang ikut,” jelas Menristekdikti.

Total peserta kelompok Non-Bidikmisi/ Reguler yang diterima sebanyak 113.968 peserta dan peserta kelompok Bidikmisi yang diterima sebanyak 34.098 peserta. Rincian peserta yang diterima menurut jenis ujian Paper Based Test (PBT) sebanyak 143.523 peserta, dan Computer Based Test (CBT) sebanyak 4.543 peserta. Peserta Saintek diterima sebanyak 61.015, peserta Soshum diterima sebanyak 59.714 dan peserta kelompok Campuran yang diterima sebanyak 27.337 peserta.

Dirjen Belmawa Intan Ahmad mengatakan bahwa calon mahasiswa yang eligible Bidikmisi dapat menggunakan tiga jalur untuk masuk perguruan tinggi negeri yakni jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. Peserta Bidikmisi yang lulus SBMPTN akan dilakukan verifikasi kelayakan dan verifikasi kuota oleh perguruan tinggi penerima. Jumlah kuota Bidikmisi tahun 2017 adalah 80.000 orang. Jika jumlah peserta Bidikmisi di perguruan tinggi lebih besar dari kuota, setiap perguruan tinggi diharapkan membantu calon mahasiswa dari kalangan tidak mampu sesuai dengan skema yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi.

Salah satu perguruan tinggi yang memiliki pengalaman mengatasi kekurangan kuota Bidikmisi adalah Institut Pertanian Bogor. Rektor IPB yang juga bertindak sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Herry Suhardiyanto mengatakan bahwa skema yang digunakan untuk mengatasi kekurangan kuota Bidikmisi di IPB adalah dengan menggunakan bantuan beasiswa dari alumni.

Prediksi / Latihan soal Seleksi Sbmptn Tahun Akademik 2018/2019 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa SMA sederajat dan Alumni SMA sederajat dalam menghadapi ujian Sbmptn tahun 2018. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber :
- ristekdikti.go.id
- ujiantulis.com

Artikel Terkait

2 Responses to “Prediksi Soal Sbmptn Tahun 2018”

  1. HepranxRea says:

    Terima kasih banyak!! Sungguh!! Semoga admin diterima pahalanya dan diampuni dosa2nya, aamiin!!

  2. Frida says:

    Terima kasih :)

Trackbacks/Pingbacks


Advert

Stats