Topik | Kemdikbud, UN

Portal Kemdikbud Berpotensi Menjadi Portal Pendidikan Terbesar

Portal Kemdikbud Berpotensi Menjadi Portal Pendidikan Terbesar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Pusat Informasi dan Humas (PIH) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi portal Kemdikbud, yaitu www.kemdikbud.go.id. Kegiatan berlangsung serentak di dua tempat, yaitu di Yogyakarta dan Medan, pada Selasa, 3 September 2013. Peserta sosialisasi berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota, perguruan tinggi negeri dan swasta di Yogyakarta, serta guru-guru.

Sosialisasi Portal Kemdikbud yang berlangsung di Yogyakarta dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Prof. Dr. Ibnu Hamad, M.Si. Dalam sambutannya, Ibnu mengatakan pemerintahan yang berjalan sekarang ini merupakan pemerintahan terbuka, atau open government. Konsekuensinya adalah pemerintah atau lembaga publik harus terbuka kepada masyarakat, termasuk mengenai anggaran. “Kita harus melayani masyarakat dengan baik terutama dari perspektif komunikasi dan informasi,” ujarnya di Hotel Abadi, Yogyakarta, (3/9). Salah satu cara memberikan layanan tersebut adalah dengan menggunakan media daring, yaitu portal.

Saat ini portal Kemdikbud setiap harinya diakses sekitar 15-ribu orang. Bahkan di saat-saat tertentu, makin banyak yang mengakses portal Kemdikbud, misalnya saat pengumuman tentang informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). “Pagi ini saja sudah 11-ribu yang mengakses,” kata Hanjar Basuki, Kasubbid Rumah Tangga PIH, saat mendampingi Ibnu Hamad dalam sosialisasi portal Kemdikbud.

Salah satu tujuan dilaksanakannya sosialisasi portal Kemdikbud adalah untuk berbagi informasi dalam pengelolaan konten. Sedangkan hasil yang diharapkan adalah terciptanya portal pendidikan yang besar melalui berbagi link antara portal Kemdikbud dengan portal yang dimiliki setiap institusi pendidikan. “Penting bagi kita untuk saling berbagi informasi link,” ujar Kepala PIH Ibnu Hamad. Ia juga menjelaskan, institusi di dunia pendidikan di Indonesia sangat banyak, sehingga jika semuanya saling terhubung, dan mempromosikan link satu sama lain di portalnya masing-masing, termasuk portal Kemdikbud, maka portal Kemdikbud bisa menjadi portal pendidikan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

Acara sosialisasi portal Kemdikbud di Yogyakarta ditanggapi dengan baik oleh para peserta. Diskusi pun berjalan lancar dua arah. Salah satu peserta dari Universitas Gajah Mada, Teguh Puji Widianto mengatakan dengan adanya sosialisasi seperti ini, ia jadi bisa belajar dari pusat (kementerian). “Sangat bermanfaat, terutama mengenai kehumasan, seperti PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi),” ujarnya.

Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Advert

Stats