Topik | Soal UN, UN 2016

Latihan Soal Ujian Nasional 2016

Latihan Soal Ujian Nasional 2016

Pemerintah Indonesia melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno, pada rapat koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala LPMP, dan Kepala P4TK seluruh Indonesia, Jumat (10/07/2015) di Jakarta menyampaikan bahwa pada tahun pelajaran 2015/2016 akan diselenggarakan tiga ujian nasional (UN) di tahun 2016.

Ujian Nasional atau UN pertama merupakan ujian perbaikan bagi peserta UN tahun 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran, dan berkeinginan memperbaikinya. UN kedua, merupakan ujian utama tahun 2016 dengan kisi-kisi baru, dan UN ketiga merupakan perbaikan bagi peserta UN tahun 2016.

Totok Suprayitno menyebutkan tanggal-tanggal penting untuk pelaksanaan ketiga UN tersebut. UN pertama yang dijadwalkan adalah UN perbaikan 2015 yang akan dilaksanakan pada 22 Februari 2016. Untuk UN utama 2016 akan dilaksanakan mulai 4 April, dan UN perbaikan tahun 2016 akan dilaksanakan awal Juni/September.

Untuk materi ujian, kata beliau, disesuaikan dengan jenis UN. UN perbaikan tahun 2015 materi ujiannya sesuai dengan kisi-kisi UN 2015. Untuk UN utama 2016 materi ujiannya ada tiga, yaitu irisan kurikulum KTSP dan K13, Kisi-kisi UN yang dikeluarkan BSNP (bersifat makro), dan sesuai dengan ketuntasan kurikulum. Sedangkan untuk UN perbaikan 2016, materinya sama dengan UN utama 2016.

Untuk membantu para siswa di tingkat pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Paket B dan C Tahun 2016 kami berikan Latihan Soal secara gratis.

Latihan soal yang sudah bisa di download diantaranya adalah :

  1. Latihan Soal US SD/MI | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal US SD/MI disini
  2. Latihan Soal UN SMP/MTs | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal UN SMP/MTs disini
  3. Latihan Soal UN SMA/MA | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal UN SMA/MA disini
  4. Latihan Soal UN SMK | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal UN UN SMK disini

Pihak Badan Standarisasi Nasional Pendidikan Dr. Teuku Ramli Zakaria, MA pernah menyatakan adanya perubahan istilah terhadap ujian nasional Sekolah Dasar semenjak 2014. Pelaksanaan ujian tingkat SD tahun depan bakal dilepaskan dari wewenang BSNP. Menurutnya Untuk SD dan MI, namanya tidak lagi ujian nasional, namun berubah namanya menjadi ujian sekolah dan Ujian Madrasah.

Semoga Latihan Soal Ujian Nasional Tahun pelajaran 2015/2016 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi ujian nasional tahun 2016. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait

4 Responses to “Latihan Soal Ujian Nasional 2016”

  1. arini says:

    terima kasih atas info soal latihannya

  2. hariati says:

    untuk mendapatkan teks soal latihan unsd bagaimana caranya,mohon diinfokan

  3. dewi says:

    terima kasih guru guru tersayang kau telah mengajarkan aku dengan baik

  4. jumriaty says:

    Tolong doa kan kami biar lulus dan bisa masuk smp favorit kami dari anak sekolah sdn kawang koan kecamatn kawangkoan baru.{amin}

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Advert

Stats