Topik | Cpns, Soal Cpns

Latihan Soal Bahasa Indonesia Cpns 2013

Latihan Soal Bahasa Indonesia Cpns 2013

Para peserta Cpns 2013 perlu mempersiapkan bahan-bahan belajar untuk menghadapi seleksi Cpns 2013 bidang Bahasa Indonesia yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah mulai hari Minggu tanggal 29 september s.d. selesai di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Materi berikut kami berikan dalam bentuk Contoh Latihan Soal Cpns dan Bisa diunduh secara gratis. Baiklah kami berikan pertama-tama Contoh Latihan Soal Tes Cpns 2013.

Contoh Latihan:Bahasa Indonesia

1. Di San Jose California terdapat sebuat pabrik permen lollipop bernama Kendon Candies. Kendon Candies merupakan pabrik permen lollipop terbesar yang mampu menghasilkan 15.000 permen lollipop dalam sehari. Menurut Tom Kennedy, pemilik usaha tersebut, permen lollipop yang baik dihasilkan dari perpaduan 60% sirup jagung dan 40% gula kemudian dipanaskan pada suhu 310 derajat fahrenheit dengan menggunakan termometer permen yang baik. Permen cair dari hasil pemanasan dalam boiler selanjutnya dituangkan di atas meja marmer. Proses ini disebut tempering guna menurunkan suhu masak permen cair. Setelah suhunya menurunkan, proses pemberian warna pun dapat dilakukan.

Pernyataan-pernyataan di bawah ini merupakan fakta dari teks di atas, KECUALI …
(A) Kendon Candies merupakan nama pabrik permen lollipop.
(B) Pabrik permen lollipop yang berada di San Jose California memproduksi 15.000 permen lollipop dalam sehari.
(C) Menurut Tom Kennedy permen lollipop yang baik dihasilkan dari perpaduan 60% sirup jagung dan 40% gula kemudian dipanaskan pada suhu 310 derajat fahrenheit.
(D) Permen cair dari hasil pemanasan dalam boiler dituangkan di atas meja marmer.
(E) Tempering berguna untuk menurunkan suhu masak permen cair.

2. Waduk Jatiluhur merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang patut dikunjungi. Waduk Jatiluhur terletak di Kota Purwakarta dan berdekatan dengan Waduk Cirata. Waduk Jatilihur adalah sumber aliran Sungai Citarum yang bermuara di Tanjung Karawang, Laut Jawa. Waduk Jatiluhur pada awalnya dibangun untuk tujuan irigasi pertanian di Karawang, Purwakarta, dan Cianjur. Jenis olahraga yang dilakukan di Waduk Jatiluhur adalah ski air, kano, dayung, perahu naga dan lain-lain. Berkat pembangunan yang intensif, Waduk Jatiluhur disulap menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang indah dan menarik.

Pernyataan berikut yang tidak relevan dengan maksud paragraf di atas adalah …
(A) Waduk Jatiluhur merupakan tempat wisata di Jawa Barat.
(B) Waduk Jatiluhur berdekatan dengan Waduk Cirata.
(C) Waduk Jatiluhur sumber aliran Sungai Citarum yang bermuara di Tanjung Karawang.
(D) Waduk Jatiluhur dibangun bertujuan irigasi pertanian di Karawang
(E) Waduk Jatiluhur digunakan untuk olahraga ski air, kano, dayung, perahu naga dan lain-lain.

3. Manakah kalimat di bawah ini yang termasuk kalimat efektif?
(A) Bagi yang menyukai berlibur di daerah pegunungan, Gunung Salak merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang dapat Anda pertimbangkan untuk dikunjungi.
(B) Tempat wisata di Jawa Timur yang terdiri dari wisata religi, wisata pemandangan alam dan wisata budaya, dan wisata balai konservasi pelestarian fauna langka.
(C) Kegagalan proyek itu karena perancangan yang tidak baik dan pengawasan yang kurang cermat.
(D) Meskipun negara itu merupakan penghasil kapas nomor satu dunia, tetapi harga tekstilnya sangat tinggi.
(E) Pendidikan antikorupsi akan segera di seluruh jenjang pendidikan mulai tahun ajaran baru 2012/2013.

4. Seseorang akan mengembangkan karangan ilmiah yang bertema pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas. Berdasarkan tema tersebut, kerangka isi karangan yang paling runtut berdasarkan pola deduktif adalah
(A) pentingnya pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, manfaat pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, bentuk pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, sasaran pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, langkah pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas
(B) manfaat pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, pentingnya pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, sasaran pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, langkah pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, bentuk pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas
(C) pentingnya pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, sasaran pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, manfaat pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, bentuk pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, langkah pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas
(D) sasaran pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, manfaat pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, pentingnya pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, bentuk pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, langkah pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas
(E) bentuk pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, pentingnya pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, langkah pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, sasaran pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas, manfaat pembiasaan berperilaku tertib lalu lintas.

5. Sebagai pemain lokal PT Hartono Istana Teknologi diuntungkan karena lebih memahami kebutuhan konsumen dalam negeri. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan juga berdasarkan temuan-temuan di lapangan. Misalnya, untuk mengantisipasi musim hujan, Polytron menghadirkan teknologi Quickdry yang memungkinkan pakaian yang dicuci kering tanpa dijemur atau teknologi DC inverter pada AC yang mampu menghemat konsumsi listrik hingga 62 persen. Dengan teknologi ini, ruangan menjadi dingin tanpa harus dibebani tagihan listrik yang membengkak. Ada lagi teknologi Magic Ball pada mesin cuci yang membuat hemat deterjen, air, dan listrik. Masih banyak lagi inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan PT Hartono Istana Teknologi. Pada masa yang akan datang, perusahaan akan tetap menghasilkan inovasi dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memajukan industri elektronik tanah air.

Simpulan yang paling tepat untuk teks di atas adalah …
(A) PT Hartono Istana Teknologi diuntungkan karena lebih memahami kebutuhan konsumen dalam negeri.
(B) Sebagai perusahaan lokal, PT Hartono Istana Teknologi menyadari pentingnya untuk memahami keinginan konsumen.
(C) PT Hartono Istana Teknologi berhasil mengembangkan teknologi yang sesuai dengan keinginan masyarakat.
(D) Dengan teknologinya yang semakin canggih, Polytron bisa meraup keuntungan yang sangat besar.
(E) Berkat penelitian dan pengembangannya, PT Hartono Istana Teknologi bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan memajukan industri elektronik.

Untuk mempelajarinya di rumah silakan unduh materi latihan soal cpns yang sudah dilengkapi dengan jawaban/pembahasannya yang Insya Allah mudah dipahami!

Download Latihan:Bahasa Indonesia

  1. Latihan Soal Cpns 2013 – Bahasa Indonesia | Download Soal
  2. Pembahasan Latihan Soal Cpns 2013 – Bahasa Indonesia | Download Pembahasan Soal

Catatan: password untuk membuka file pdf latihan soal adalah ujiancpns.com

Untuk mendapatkan model-model pengembangan soal Bahasa Indonesia Cpns 2013 berikut panduan ringkas materi yang penting untuk tes Cpns 2013 silakan disini. Terima kasih!

Artikel Terkait

One Response to “Latihan Soal Bahasa Indonesia Cpns 2013”

Trackbacks/Pingbacks

  1. […] Latihan Soal Bahasa Indonesia Cpns 2013 | beserta file yang bisa didownload […]


Advert

Stats