Topik | Cpns, UN

Kumpulan Soal Ujian Cpns

Kumpulan Soal Ujian Cpns

Penyelenggaraan Ujian Cpns tahun ajaran anggaran 2014, jadwalnya bervariasi untuk setiap daerah bisa berbeda-beda. Tahun 2014 ini, Pemerintah melakukan rekrutmen CPNS melalui jalur pelamar umum yang dibuka melalui formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum dibuka berdasarkan analisis kebutuhan setiap instansi yang diajukan ke BKN dan Kementerian PAN dan RB untuk dianalisa dan dikeluarkan formasi yang disetujui untuk diadakan rekrutmen.

Sedangkan formasi khusus dibuka untuk Putra-putri Papua, Para Atlet Berprestasi, Lulusan Perguruan Tinggi Negeri dengan Prestasi Terbaik, Instruktur (Sarjana Mengajar daerah Terpencil, Terbelakang, Terluar (SM3T)), Penyandang Cacat, Mahasiswa Tugas Belajar terbaik yang dibiayai Pemerintah Daerah.

Untuk pelamar umum tersebut dilakukan seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem seleksi Computer Assisted Test (CAT). Namun beberapa instansi menerapkan saringan kedua dengan melakukan Tes Kompetensi Bidang (TKB) baik dengan tes psikologi, tes wawancara maupun tes tertulis.

Test dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dengan materi terdiri dari Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

Selanjutnya Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang diperuntukkan bagi peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) selanjutnya berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan tes TKB, artinya setelah lulus TKD maka berarti lulus ujian CPNS.

Berikut kumpulan soal Ujian Cpns yang sudah bisa di download melalui panduan di bawah ini :

  1. Bahasa-Indonesia – Sarjana dan Diploma | Silakan pelajari dan unduh disini
  2. Bahasa-Indonesia 1 | Silakan pelajari dan unduh disini
  3. Bahasa-Indonesia 2 | Silakan pelajari dan unduh disini
  4. Kebijakan Pemerintah 1 | Silakan pelajari dan unduh disini
  5. Kebijakan Pemerintah 2 | Silakan pelajari dan unduh disini
  6. Soal UUD 1945 dan Amandemen | Silakan pelajari dan unduh disini
  7. Soal Cpns Tatanegara 1 | Silakan pelajari dan unduh disini
  8. Soal Cpns Tatanegara 2 | Silakan pelajari dan unduh disini
  9. Soal Cpns Tes Wawasan Kebangsaaan | Silakan pelajari dan unduh disini

Kumpulan soal Ujian Cpns tersebut meliputi 5 (lima) mata ujian yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Kebijakan Pemerintah, UUD 1945 dan Amandemen, Soal Cpns Tatanegara, dan Soal Cpns Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK).

Pemerintah memangkas persyaratan seleksi CPNS. Pemangkasan syarat ini merupakan terobosan yang dibuat oleh Kementerian PAN-RB. Pihak Kementerian PAN-RB memaparkan hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan reformasi birokrasi, Kementerian PAN-RB melakukan perubahan dalam pelaksanaan seleksi CPNS dengan menghilangkan beberapa persyaratan.

Dengan pemangkasan tersebut, masyarakat yang ingin menjadi pegawai negeri tidak akan merasa kesulitan. “Kalau bisa mudah kenapa harus dipersulit? Kalau bisa ringkas kenapa harus berbelit-belit?” tambahnya.

Semoga kumpulan soal Ujian Cpns yang kami sampaikan dapat membantu para peserta Ujian Cpns tahun 2014. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Artikel Terkait

Comments are closed.

Advert

Stats