Archive | August, 2018

Pengumuman Hasil Seleksi Sipencatar Tahun 2018

Pengumuman Hasil Seleksi Sipencatar Tahun 2018

Seleksi Sipencatar Jalur Reguler adalah Seleksi Penerimaan Calon Taruna yang terbuka bagi seluruh siswa/siswi lulusan SMA/SMK/MA atau sekolah lainnya yang sederajat, dimana untuk dapat diterima sebagai Taruna/Taruni di berbagai perguruan tinggi Kedinasan di lingkungan Kemenhub harus mengikuti Seleksi. (Tim sipencatar.com).

Sipencatar merupakan metode penerimaan Taruna baru di perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Seleksi ini melalui beberapa tahapan, di antaranya adalah: Pendaftaran, Pengumuman Calon Peserta Tes, Tes Potensi Akademik (TPA), Pengumuman Hasil TPA, Pelaksanaan Psikotes, Pengumuman hasil Psikotes, Tes Kesehatan, Pengumuman Hasil Tes Kesehatan, Tes Kesemaptaan dan Wawancara, dan Pengumuman Akhir.

Continue Reading

Posted in Sipencatar0 Comments

Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2019 Akan Lebih Sulit

Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2019 Akan Lebih Sulit

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Republik Indonesia (RI) memastikan materi soal UN atau Ujian Nasional tahun depan (tahun 2019) akan relatif lebih sulit dari pada tahun ini (2018). Pernyataan tersebut sebagaimana kami sitir dari pendapat Mendikbud, seperti yang dipublikasikan Harian Pikiran Rakyat (PR) online, 8 Mei, 2018.

Tujuan dari kebijakan tersebut adalah agar siswa terbiasa menghadapi persoalan baru sehingga siap bersaing di tengah kompetisi global. Apalagi sangat terpengaruh oleh revolusi industri 4.0. Menurut Menteri, kebijakan menaikan standar capaian kompetensi siswa tersebut sudah dihitung dan berdasarkan hasil evaluasi UN 2017/2018 secara komprehensif.

Continue Reading

Posted in UN, UN 20190 Comments

Prediksi Soal Sbmptn Tahun 2019

Prediksi Soal Sbmptn Tahun 2019

Seleksi Sbmptn tahun akademik 2018/2019 telah selesai digelar bahkan sudah diumumkan, baik secara online melalui situs resminya maupun secara offline melalui koran dan majalah.

Pemerintah Tentunya berencana akan menggelar lagi kegiatan seleksi tersebut secara rutin yaitu penyelenggaraan kembali Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2019 nanti. Pihak Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 tampaknya masih bakal ditanggung pemerintah.

Continue Reading

Posted in Latihan Soal, Sbmptn2 Comments

Latihan Soal US SD/MI Tahun 2019

Latihan Soal US SD/MI Tahun 2019

Upaya Pemerintah untuk mengevaluasi hasil pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan / atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), sejak tahun ajaran 2013/2014 ditentukan melalui Ujian Sekolah bukan Ujian Nasional seperti tahun-tahun sebelumnya. Upaya tersebut tampaknya akan terus berlanjut untuk tahun 2019 ( tahun ajaran 2018/2019 ).

Nantinya, hasil US/M tersebut akan digunakan sebagai tolok ukur untuk dapat menempuh ke jenjang berikutnya, yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Nilai US akan digunakan untuk diterima masuk sekolah. Karena itu, siswa harus rajin. Kalau US-nya rendah, ia tak bisa masuk ke sekolah favorit (SMP/MTs) yang dituju.

Continue Reading

Posted in UN, UN 2019, US, US 201956 Comments

Latihan Soal UN SMK 2019

Latihan Soal UN SMK 2019

Ujian Nasional (UN) utama tahun 2019 untuk jenjang SMK/MAK diperkirakan akan digelar pada bulan April 2019 sd. selesai selama lebih kurang 4 (empat) hari. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan mayoritas sekolah pelaksana UN berbasis komputer (CBT). Itu karena di SMK, pihak sekolah telah menyiapkan sarana dan prasarana komputer untuk kegiatan pembelajaran sejak lama dan disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.

Ujian Nasional (UN) tahun 2018 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah diumumkan hasilnya pada bulan Mei 2018. Melalui akun Instagram resmi Kemendikbud, Selasa (1/5/2018), menyatakan bahwa pengumuman hasil UN SMA/SMK/Sederajat dilakukan pada 2 Mei 2018.

Terdapat enam provinsi yang 100 persen menyelenggarakan UNBK jenjang pendidikan SMK, yakni Provinsi Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Total satuan pendidikan yang menyelenggarakan UNBK SMK adalah 9.832 sekolah.

Mata pelajaran yang diujikan pada pelaksanaan UN hari pertama adalah Bahasa Indonesia. Selanjutnya untuk hari kedua, mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, dan hari ketiga mata pelajaran Bahasa Inggris, serta hari keempat mata pelajaran yang diujikan adalah teori kejuruan. Sedangkan untuk pelaksanaan UN Susulan, akan dilaksanaan pada tanggal 18 sampai 19 April 2017. Untuk hari pertama ujian susulan yang diujikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, serta pada hari kedua mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Untuk membantu para peserta Ujian Nasional tingkat SMK/MAK sederajat kami sampaikan latihan soal UN SMK/MAK tahun 2019 yang bisa di download secara gratis!

Continue Reading

Posted in UN, UN 201926 Comments


Advert

Stats