Archive | August, 2017

Bentuk soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2018

Bentuk soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2018

Untuk mengatasi kesimpang-siuran informasi tentang Bentuk soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2018, berikut kami sampaikan informasi resminya. Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud, Bapak Nizam, bahwa mulai tahun 2018 (bentuk) soal UN tidak lagi semuanya pilihan ganda. Sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih dalam.

Pada penyelenggaraan ujian nasional (UN) tahun ajaran 2017/2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana membuat soal UN lebih bervariasi. Soal UN tahun 2018 sebagian besar memang masih berupa pilihan ganda. Namun, Kemdikbud juga akan menggunakan soal yang tidak hanya berupa pilihan ganda. Beberapa soal bisa berupa mengisi jawaban, pilihan yang tidak tunggal, esai, atau bentuk lainnya.

Continue Reading

Posted in UN, UN 20180 Comments

Latihan Soal Seleksi Sbmptn 2018

Latihan Soal Seleksi Sbmptn 2018

Seleksi Sbmptn tahun akademik 2017/2018 diselenggarakan dengan sukses dan menjadi salah satu contoh yang sangat baik bagi penyelenggaraan seleksi PTN yang lainnya.

Pemerintah secara rutin akan menyelenggarakan kembali Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2018 nanti. Pihak Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan biaya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 bakal ditanggung pemerintah.

Continue Reading

Posted in Sbmptn1 Comment

Prediksi Soal Ujian Sekolah SD/MI 2018

Prediksi Soal Ujian Sekolah SD/MI 2018

Team support Ujian Nasional beberapa hari yang lalu telah mempublikasikan latihan soal US SD/MI tahun 2018 per mata pelajaran. Pada hari ini kami mencoba mempublikasikan beberapa contoh Prediksi soal US SD/MI tahun 2018 yang disertai dengan jawaban/pembahasannya.

Untuk suksesnya ujian sekolah SD/MI tahun ini, kami mengajak para orang tua dan wali murid bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menyiapkan anaknya secara lebih baik menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tahun 2018.

Continue Reading

Posted in UN, UN 2018, US, US 201826 Comments

Latihan Soal Ujian Nasional SMK Paket 2 Tahun 2018

Latihan Soal Ujian Nasional SMK Paket 2 Tahun 2018

Tingkat kesukaran soal ujian nasional untuk level pendidikan SMK/MAK dimungkinkan tidak akan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dan jenis soalnya dimungkinkan selain berbentuk pilihan berganda juga berbentuk essay.

Mengenai tingkat kesulitan soal tampaknya tidak perlu adanya perdebatan antara soal prediktif, dan evaluatif pada UN. Hal itu disebabkan materi pembuatan naskah soal berasal dari kisi-kisi soal yang sama. Continue Reading

Posted in UN, UN 201819 Comments

Latihan Soal Ujian Nasional SMA/MA Paket 2 Tahun 2018

Latihan Soal Ujian Nasional SMA/MA Paket 2 Tahun 2018

Rangkaian Ujian Nasional Tahun 2017 telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Setelah jenjang SMK dan SMA, UN untuk pendidikan kesetaraan telah dilaksanakan pada tanggal 15, 16, 22 dan 23 April 2017. Khusus untuk wilayah Papua Barat, UN untuk program Paket C yang dijadwalkan pada tanggal 15 dan 16 April telah dilaksanakan pada tanggal 18 dan 20 April 2017.

Kemudian untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), ujian nasional telah dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 8 Mei 2017. Ujian susulan telah dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 23 Mei 2017.

Continue Reading

Posted in UN, UN 201821 Comments

Latihan Soal Ujian Nasional 2018

Latihan Soal Ujian Nasional 2018

Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setiap tahun mengeluarkan analisis hasil ujian nasional (UN). Analisis hasil UN tersebut digunakan Kemendikbud sebagai dasar untuk melakukan perbaikan mutu pendidikan. Kemendikbud juga mengirimkan analisis hasil UN kepada kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota agar bisa ikut menindaklanjutinya untuk perbaikan di sekolah-sekolah di daerahnya masing-masing.

Kepala Puspendik Kemendikbud, Nizam mengatakan, Puspendik Kemendikbud mengirimkan analisis hasil UN ke pemerintah daerah dan direktorat terkait di kementerian, yaitu Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (untuk UN SMP, SMA, dan SMK), serta Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat (untuk UN Pendidikan Kesetaraan). Selain itu, analisis hasil UN juga dikirimkan kepada sekolah-sekolah pelaksana UN.

Beliau menjelaskan, sekolah yang berkomitmen memperbaiki mutu pendidikannya akan menggunakan analisis hasil UN itu untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan capaian siswa.

Kemendikbud juga melakukan intervensi kepada sekolah-sekolah yang rendah dalam capaian UN melalui direktorat terkait. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad menuturkan, direktorat-direktorat itu memberikan bimbingan teknis kepada sekolah-sekolah tertentu dengan capaian UN rendah. “Tapi jumlahnya terbatas, hanya 500 sampai 1.000 sekolah,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini belum ada instrumen yang bisa mengukur apakah setiap daerah atau sekolah sudah menindaklanjuti analisis hasil UN untuk perbaikan mutu pendidikan. Karena itu Kemendikbud juga mengoptimalkan fungsi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), yaitu unit pelaksana teknis (UPT) Kemendikbud yang berada di 34 provinsi. LPMP bisa menindaklanjuti analisis hasil UN ke sekolah-sekolah yang berada di kabupaten/kota di provinsinya masing-masing.

Untuk membantu para siswa di tingkat pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Paket B dan C Tahun 2018 kami berikan Latihan Soal secara gratis.

Latihan soal yang sudah bisa di download diantaranya adalah :

  1. Latihan Soal US SD/MI | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal US SD/MI disini
  2. Latihan Soal UN SMP/MTs | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal UN SMP/MTs disini
  3. Latihan Soal UN SMA/MA | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal UN SMA/MA disini
  4. Latihan Soal UN SMK | Silakan pelajari dan unduh melalui laman Latihan Soal UN UN SMK disini

Sebagai informasi bahwa Ujian Nasional Kejar Paket C tahun 2017 sangat berbeda dengan tahun lalu, pada tahun pelajran 2016/2017, ujian nasional diselenggarakan pada hari sabtu dan minggu. Hal ini sesuai dengan juknis yang ditetapkan oleh kemendikbud bahwa pelaksanaan ujian nasional Pendidikan kesetaraan tidak lagi diselenggarakan pada siang hari melainkan pada pagi hari dan hari pelaksanaannya sabtu dan minggu.

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) tahun 2017 dilaksanakan dengan dua metode, yaitu berbasis komputer dan berbasis kertas dan pensil. Tetapi bentuk pelaksanaannya masih banyak menggunakan Papper base test ( Ujian berbasis kertas) berbeda dengan pendidikan formal yang menggunakan computer secara online/ Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK hanya dapat diterapkan pada satuan pendidikan/ penyelenggara ujian Paket C yang sudah siap, baik kesiapan peserta didik maupun kesiapan sarana dan prasarana. Peserta didik yang heterogen dan masih banyaknya umur peserta didik yang bukan lagi usia produktif sangat menjadi kendala apabila UNBK diimplementasikan kesemua peserta didik sehingga hanya sebagian yang dapat diterapkan UNBK.

Terkait Ujian Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Pihak Badan Standarisasi Nasional Pendidikan Dr. Teuku Ramli Zakaria, MA pernah menyatakan adanya perubahan istilah terhadap ujian nasional Sekolah Dasar semenjak 2014. Pelaksanaan ujian tingkat SD tahun depan bakal dilepaskan dari wewenang BSNP. Menurutnya Untuk SD dan MI, namanya tidak lagi ujian nasional, namun berubah namanya menjadi ujian sekolah dan Ujian Madrasah.

Semoga Latihan Soal Ujian Nasional Tahun pelajaran 2017/2018 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi ujian nasional tahun 2018. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

Sumber :
- kemdikbud.go.id
- ujiannasional.net

Posted in Soal UN, UN 2018, US 201831 Comments

Prediksi Soal UN SMP/MTS Tahun 2018

Prediksi Soal UN SMP/MTS Tahun 2018

Kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dan SMPLB tahun 2017 terbilang bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Indeks integritas ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs pada 2018 mengalami peningkatan. Kepala Puspendik Kemendikbud Nizam, mengatakan, sekolah yang tahun lalu memiliki IIUN rendah tetapi tahun ini berhasil meningkatkan integritas ujiannya secara signifikan mengalami koreksi capaian nilai UN yang besar. Keberhasilan sekolah-sekolah ini meningkatkan integritas dalam ujian patut diapresiasi dan terus dipertahankan. Data tersebut menunjukkan bahwa UNBK merupakan moda pengadministrasian tes yang lebih menjamin integritas pelaksanaan dan memberi gambaran capaian yang lebih handal.

Sekolah yang secara konsisten memanfaatkan hasil UN murni untuk melakukan perbaikan menunjukan peningkatan capaian yang terukur, hasil ujian nasional diharapkan mampu menjadi dasar perencanaan dan intervensi yang tepat untuk menata langkah perbaikan. Dengan pemanfaatan hasil penilaian untuk melakukan perbaikan pembelajaran diharapkan peningkatan mutu secara berkelanjutan dapat tercapai.

Continue Reading

Posted in UN, UN 20184 Comments


Advert

Stats